Mengapa Transportasi Umum Dapat Mengurangi Kemacetan ?

5/5 - (1 vote)

Transportasi Umum Dapat Mengurangi Kemacetan – Di negara Indonesia sering terjadi kemacetan di mana mana, khususnya di Jakarta dan kota besar. Dengan banyaknya orang yang merantau ke Jakarta untuk bekerja, sehingga ketika mereka berangkat bareng untuk kerja, terjadilah kemacetan.

Berbagai macam solusi agar tidak terjadi kemacetan, pemerintah Indonesia membangun jalan dan berbagai macam cara lainnya. Sebagian keputusan pemerintah untuk memperbaiki transportasi umum agar mengurangi kemacetan. Hal ini juga membuat kita penasaran : mengapa transportasi umum dapat mengurangi kemacetan. Nah berikut ini penjelasannya.

Mengapa Transportasi Umum Dapat Mengurangi Kemacetan ? Begini Penjelasannya!

Mengapa Transportasi Umum Dapat Mengurangi Kemacetan

Kemacetan lalu lintas di kota besar sering terjadi, khususnya pada waktu berangkat dan pulang kerja. Sedangkan di kota / daerah wisata sering terjadi kemacetan karena banyaknya wisatawan. Penyebab utama kemacetan adalah banyak nya jumlah transportasi yang bersamaan pada satu waktu.

Untuk menanganinya hal tersebut cukup banyak cara, diantaranya pemerintah memberikan fasilitas jalan tol, adanya transportasi umum dan kesadaran memakai fasilitas tersebut. Memang tidak bisa disalahkan untuk masyarakat untuk memakai kendaraan sendiri, namun lebih bijaknya dengan mengetahui kondisi kebutuhan.

Dengan menggunakan transportasi umum, tentu akan mengurangi jumlah kendaraan untuk bersamaan di waktu dan tempat yang sama. Dengan jumlahnya kendaraan yang berkurang, jalan pun akan lebih longgar. Namun usaha seperti tentu tidak mudah, sebab setiap orang mempunyai gagasan dan keperluan sendiri sendiri. Tapi tentu membangun kesadaran juga harus dibangun untuk menjadi jalan Indonesia tidak macet.

Saya tahu betul pada saat berangkat kerja, sungguh juga banyak yang telah menggunakan fasilitas umum seperti KRL. Bahkan menyaksikan penuhnya krl setiap berangkat kerja. Namun hal ini sudah cukup mengurangi kemacetan jalan dan belum mengatasi kemacetan jalan raya sepenuhnya. Itu pun sudah bagus.

Penyebab Transportasi Umum Kurang Diminati Masyarakat

Pembahasan yang terkait dengan pembahasan mengapa tranportasi umum dapat mengurangi kemacetan. Jika tadi dibahas adanya kemacetan jalan perkotaan salah satu sebabnya adalah banyaknya kendaraan yang bersamaan pada waktu yang sama . Namun perlu diketahui bahwa sebagian masyarakat tidak minat naik transportasi umum dengan berbagai sebab. Dilansir oleh bisnis.com , beberapa penyebab transpotasi umum kurang diminati masyarakat sebagai berikut:

  1. Banyaknya sopir transportasi kurang menghargai penumpang.
  2. Ada banyak aksi kriminal.
  3. Banyak perumahan atau jalur yang tidak dilewati oleh transportasi umum.
  4. Fasilitas transportasi umum kurang memadai
  5. dll

Tambahan dari saya pribadi, terkadang sopir angkutan nge time yang terlalu lama, sehingga masyarakat yang membutuhkan segera tidak mau. Bahkan ngetime nya angkutan yang lama dapat membuat macet jalan raya. Selain itu, saya juga pernah naik angkot di Jakarta, dan diturunin di jalan, padahal belum sampai tujuan. hahaha.

Tapi untuk fasilitas kereta mungkin lebih bagus. Dan sejak zaman gubernur anis, jakarta mempunyai transportasi  umum yang lebih bagus baik itu angkot ataupun bus.

Penutup

Khulasah dari pembahasan mengapa transportasi umum dapat mengurangi kemacetan, ada beberapa sebab yang membuat jalan macet. Dan cukup banyak alternatif yang disediakan pemerintah. Tentu hendaknya kita harus bijak ketika mau mengendarai kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum.

Leave a Comment

× Ada yang bisa dibantu?